Bantu Belajar

Minggu, 19 Oktober 2014

Pengertian dan Struktur C++

C++ adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada awal tahun ... thumbnail 1 summary
C++
C++ adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada awal tahun 1980-an. Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

C++ dengan C walaupun mirip tetapi berbeda. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural, di mana penyelesaian atas suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil. Sedangkan C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Object Oriented Programming (OOP). Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan mendefinisikan class-class yang merupakan a.-class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari objek-objek fisik. Class tersebut berisi keadaan objek, anggota-anggotanya, dan kemampuan dari objeknya. Setelah beberapa class dibuat, masalah dipecahkan menggunakan class.

STRUKTUR BAHASA C++

1. Pre-Processor
Adalah bagian-bagian kode pada program yang dijalankan pertama kali dan melakukan proses tertentu.
Contoh :
#include
#define

2. Main Function
Adalah fungsi di dalam bahasa C yang pertama kali dijalankan pada waktu program di eksekusi. Program bisa dijalankan jika ada main function. Dalam satu program maximal jumlahnya 1 main function.
Contoh : void main (void)

3. Function
Adalah suatu kumpulan instruksi/perintah/program yang dikelompokkan menjadi satu, letaknya terpisah dari program yang menggunakan fungsi tersebut, memiliki nama tertentu yang unik, dan digunakan untuk mengerjakan suatu tujuan tertentu. Dalam bahasan pemograman lain fungsi dapat disebut sebagai subrutin (basic, VB) atau procedure (pascal,Delphi).
Contoh : void segitiga (void) //ini adalah fungsi untuk membuat segitiga dalam pemograman bahasa C++

4. Komentar
Adalah bagian dalam suatu kode yang berfungsi memberikan keterangan. Komentar dalam suatu kode tidak akan di eksekusi dan ditampilkan. Komentar ini cukup penting dan sangat membantu apabila ketika kita membuat program dengan statement yang panjang dan terdiri dari banyak fungsi. Untuk menulis komentar jika hanya 1 baris kita menggunakan '//' dan jika multi baris kita menggunakan '/*'.
Contoh :
// komentar hanya 1 baris //
/*
komentar menggunakan
dua baris
*/

5. Tanda Semicolon ( ; )
Tanda semicolon “ ; ” digunakan untuk mengakhiri sebuah pernyataan. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan sebuah tanda semicolon.

6. Input dan Output
Pernyataan cout (dibaca C out) merupakan sebuah objek di dalam C++, yang digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar output (cetak pada layar). Sedangkan untuk menginputkan data, dapat digunakan cin (dibaca C in).



Berikutnya adalah operator << Operator ini digunakan sebagai penghubung antara stream dengan kalimat. Operator ini disesuaikan denganfungsional dari cout. Untuk sementara bayangkan saja operator << sebagai arah dari aliran data. Jadi karena kita ingin mencetak kalimat ke layar, dan yang menghubungkan program kita dengan layar dengan cout, otomatis kita harus mengirimkan kalimat ke cout. Maka operator << digunakan, yang berarti kalimat dialirkan ke arah cout, dan cout akan mencetaknya ke layar.

Sintaks yang digunakan :

cout << daftar_keluaran
cin >> daftar_masukan

Untuk lebih jelas mengenai C++ Perhatikan kode berikut :

C++


// program pertamaku //
Ini adalah bagian komentar.

#include "iostream"
Pernyataan yang diawali dengan tanda (#) merupakan pernyataan untuk menyertakan preprocessor. Pernyataan ini bukan untuk dieksekusi. #include “iostream” berarti memerintahkan kompiler untuk menyertakan file header iostream.h. Dalam file header ini, terdapat beberapa fungsi standar yang dipakai dalam proses input dan output. Seperti misalnya perintah cout yang dipakai dalam program utama.

int main ()
Baris ini menandai dimulainya kompiler akan mengeksekusi program. Atau dengan kata lain, pernyataan main sebagai penanda program utama. Adalah suatu keharusan, dimana sebuah program yang ditulis dalam bahasa C++ memiliki sebuah main. Main diikuti oleh sebuah tanda kurung () karena main merupakan sebuah fungsi. Dalam bahasa C++ sebuah fungsi harus diikuti dengan tanda (), yang nantinya dapat berisi argumen. Dan sintak formalnya, sebuah fungsi dimulai dengan tanda {}, seperti dalam contoh program.

cout << "Belajar C++";
Perintah ini merupakan hal yang akan dieksekusi oleh compiler dan merupakan perintah yang akan dikerjakan. Cout termasuk dalam file iostream. Cout merupakan perintah untuk menampilkan ke layer. Perlu diingat, bahwa setiap pernyataan dalam C++ harus diakhiri dengan tanda semicolon (;) untuk memisahkan antara pernyataan satu dengan pernyataan lainnya.

return 0;
Pernyataan return akan menyebabkan fungsi main() menghentikan program dan mengembalikan nilai kepada main.
Dalam hal ini, yang dikembalikan adalah nilai 0.