Bantu Belajar

Rabu, 17 Desember 2014

Latar Belakang Munculnya Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia

Kedatangan bangsa - bangsa Eropa tidak dapat dilepaskan dari peristiwa - peristiwa penting yang t... thumbnail 1 summary
Latar Belakang Munculnya Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia
Kedatangan bangsa - bangsa Eropa tidak dapat dilepaskan dari peristiwa - peristiwa penting yang terjadi di Eropa pada abad ke 15-18.Timbulnya kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa terhadap bangsa - bangsa Asia, Afrika, Amerika dan Australia diawali dengan ekspansi bangsa - bangsa Eropa ke seluruh dunia.




Faktor - Faktor Pendorong Munculnya Imperialisme dan Kolonialisme :
  1. Adanya semangat penaklukan (reconquista) terhadap orang - orang yang beragama islam.
  2. Jatuhnya Kontantinople, ibu kota Imperium ke tangan Dinasti Usmani Turki.
  3. Adanya keinginan mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi, dan bangsa - bangsa yang tinggal di belahan bumi lain.
  4. Adanya keinginan untuk mendapatkan rempah - rempah.
  5. Kisah penjelajahan Marcopolo ( 1254-1324), seorang pedagang dari Venesia, Italia ke Cina yang dituang dalam buku Book of Various Experience.
  6. Ingin memperoleh keuntungan / kekayaan yang sebanyak - banyaknya.
  7. Adanya teori Copernicus dan Galileo Galilei.
  8. Ambisi 3G ( Gold, Glory dan Gospel ).
Kolonialisme dan Imperialisme juga disebabkan oleh para bangsa Eropa yang melakukan penjelajahan diantaranya bangsa Portugis, Inggris, Perancis, Belanda dan Spanyol yang pernah menjajah di Indonesia. Berikut tokoh - tokoh penjelajahan bangsa Eropa.

Penjelajahan Bangsa Portugis :
  • Vasco da Gama ( 1497 - 1498 ) berlayar menuju ke Hindia Timur melalui Kepualauan Tanjung Verde, mengitari Tanjung Harapan.
  • Bartholomeo Diaz ( 1486 ) belayar menuju ke arah selatan menyelusuri pantai barat Afrika sampai daerah Pantai Emas.
  • Pedro Alvares Cabra ( 1500 ) berlayar kearah barat dan berlabuh di Amerika Selatan pada tahun 22 April 1500, dengan mengibarkan bendera Protugis dan menyatakan daerah baru itu milik protugis.
  • Alfonso de Albuquerque ( 1505 ) Pada tahun 1505, Alfonso d’Albuquerques mengacaukan jalur perdagangan Arab dan india, serta mnduduki pelabuhan penting Afrika Timur dan Teluk Persia, Alfonso d’Albuquerques juga berhasil menaklukan pelabuhan Goa di Asia Tenggara.
  • Fransiscus Xaverius ( 1550 ) Seorang pendeta yang pernah berada di Maluku selama satu tahun.
Penjelajahan Bangsa Spanyol :
  • Columbus ( 1492 ) melakukan penjelajahan dunia dan menjadi pelopor kolonialisme, dia berlayar dari Polos, Spanyol menyeberangi laut Atlantik sampai di kepulauan Bahama dan mendarat pada 1492 di India. Antar 1492 - 1502 dia sudah 4 kali melakukan pelayaran.
  • Ferdinand Magellan ( 1480-1521 ) pelayarannya diawali dari pesisir barat benua Amerika, ujung Amerika Selatan, dan memasuki selat yang menghubungkan laut Atlatik dengan laut pasifik yang di kenal selat Magellan.
Penjelajahan Bangsa Belanda :
  • Bangsa belanda awalnya mendapatkan informasi perjalanan yang di bukukan berjudul Itinerario, Voyage ofte Schipvert naer Oost ofte Portugaels Indiens ( Catatan perjalanan ke Timur atau Hindia Portugis ), Akhirnya dengan buku tersebut Cornelis de Houtman memimpin ekspedisi dengan Empat buah kapal berawak 249 Orang dan 64 Meriam berlayar ke Asia.
Penjelajahan Bangsa Perancis :
  • Pelaut perancis memulai penjelajahan samudera dari Eropa dan kemudian melintasi Samudra Atlantik menuju Kanada, serta daerah lembah Missisippi.
  • Sejarah kolonialisme Prancis di tanah Jawa yang hanya berlangsung selama tujuh bulan saja. Alasan Perancis meninggalkan Indonesia, karena Perancis kalah dalam Perang Lipzig melawan Inggris.
Penjelajahan Bangsa Inggris :
  • Pemerintahan inggis mulai menguasai Indonesia sejak tahun1811 pemerintahan inggis mengangkat Thomas Stamford raffles (TSR) sebagai gubernur jendral di Indonesia . dan berakhir pada tahun 1817.