Bantu Belajar

Senin, 29 Desember 2014

Tips dan Cara Menulis Cerpen ( Cerita Pendek ) Yang Baik

Mungkin kalian sudah terbiasa dalam membaca suatu cerpen , ada yang sedih, gembira dan penuh kesa... thumbnail 1 summary
Tips dan Cara Menulis Cerpen ( Cerita Pendek ) Yang Baik
Mungkin kalian sudah terbiasa dalam membaca suatu cerpen, ada yang sedih, gembira dan penuh kesan. Tapi pernahkah kalian berfikir untuk membuat suatu cerpen sendiri??, membuat atau menulis cerpen ( Cerita Pendek ) sangat mudah jika kalian mengetahui cara atau tahapan dalam membuat cerpen, simak ulasan berikut :



  1. Tentukanlah Topik Cerpen

  2. Berpikirlah kalian ingin membuat suatu cerpen yang ingin kalian buat, bisa tentang sekolahan, imajinasi atau khayalan kalian bisa masuk dalam cerpen. Carilah inspirasi dan ide tentang cerpen yang akan kalian buat sehingga cerpen menjadi menarik.

  3. Tentukanlah Tema Sebagai Dasar Cerita

  4. Seperti halnya Topik Cerita, tema juga menjadi dasar suatu cerita pendek, misalnya mengangkat tema masalah sosial masyarakat, cinta atau hal lainnya.

  5. Tentukanlah Judul Cerpen

  6. Berilah judul pada Cerpen yang akan kita buat sesuai topik dan tema, buatlah semenarik mungkin judulnya sehingga orang penasaran dan membuat orang tertarik untuk membaca.

  7. Tentukan Tokoh Cerita.

  8. Pikirkanlah tokoh yang akan kalian buat, tentukan sifat dan watak tokoh tersebut. Kalian juga bisa menambahkan karakteristik fisik suatu tokoh dalam cerita pendek tersebut.

  9. Buatlah Peristiwa dan Konflik

  10. Tentukan permasalahan suatu cerita sehingga menimbulkan konflik. Konflik yang menarik dan menegangkan akan menjadi titik puncak cerita, inilah yang sering membuat para pembaca senang dan merasa terhibur.

  11. Tentukanlah Sudut Pandang Cerpen

  12. Ambilah sudut pandang suatu cerita, apakah sudut pandang pertama, kedua atau ketiga. Kalian bisa bebas memilih sesuai dengan cerita pendek itu sendiri.

  13. Gunakan Alur Yang Tepat

  14. Pilihlah alur yang sesuai dengan Cerita itu sendiri, alur yang tidak sesuai hanya akan mengganggu jalan cerita.

  15. Tentukanlah Amanat  Cerita

  16. Buatlah cerita sebaik mungkin, biasanya cerita yang baik akan meninggalkan suatu amanat yang baik pula dan ini dapat meninggalkan kesan terhadap pembaca.

  17. Kembangkanlah Suatu Cerita

  18. Tahap ini adalah tahap ini dimana kalian menulis cerpen, buatlah sebuah cerita menarik, masukkan semua ide yang ada dan yang terpenting nikmatilah dan enjoy saat menulis cerita pendek.

  19. Evaluasi dan Perbaiki Kembali

  20. Setelah selesai bacalah kembali cerita yang telah kalian buat, jika ada suatu kesalahan baik kata ataupun cerita yang kurang berkesan perbaiki kembali dan Cerpen kalian akan menjadi lebih baik.