Bantu Belajar

Senin, 19 Januari 2015

Format dan Perintah Input Pada C++

Setelah sebelumnya membahas perintah output kali ini akan membahas tentang input. Input pada C++ m... thumbnail 1 summary
Setelah sebelumnya membahas perintah output kali ini akan membahas tentang input. Input pada C++ merupakan hal dasar dan sering digunakan untuk memasukkan sebuah data. Input berfungsi untuk menerima input dari keyboard. Di dalam C++ terdapat 5 perintah input yaitu :

1. Cin

Cin merupakan perintah input yang paling sering digunakan, cin ini menggunakan header <iostream.h>. Dengan cin kita dapat menerima data berupa string, numerik dan karakter.

2. Scanf()

Scanf menggunakan header <stdio.h>, perintah input ini selalu berada di dalam perintah output printf(), scanf juga dapat menerima data berupa bilangan, karakter, ataupun kalimat secara terformat. Ciri khas dari scanf() adalah penggunaan & pada setiap variabel. Scanf memiliki format penentu data, berikut macam - macam formatnya :

Tipe Data
Penentu Format
Untuk scanf()
Integer
%d
Floating Point Bentuk Desimal
%e atau %f
Floating Point Bentuk Berpangkat
%e atau %f
Double Precision
%lf
Character
%c
String
%s
Unsigned Integer
%u
Long Integer
%ld
Long Unsigned Integer
%lu
Unsigned Hexadecimal Integer
%x
Unsigned Octal Integer
%o

3. Gets()

Gets() menggunakan header <math.h>, gets ini hanya dapat menerima data berupa karakter dan tidak bisa memasukkan numerik.

4. Getch()

Getch menggunakan file header <conio.h>, getch ini berfungsi untuk membaca karakter dan tidak perlu diakhiri dengan enter, dengan getch juga karakter yang dimasukkan tidak akan ditampilkan.

5. Getche()

Getche merupakan singkatan dari get character and echo yang berarti menerima sebuah karakter kemudian tampilkan. Getche() hampir mirip dengan getch(), bedanya getche() akan menampilkan karakter yang dimasukkan.

Contoh Program Input :

Program ini seperti biasa menggunakan program Microsoft Office Studio 2013, atau jika kalian memiliki compiler lain bisa mengganti int _tmain(int argc, _TCHAR* argv[]) menjadi int main() dan menghapus #include "stdafx.h" agar tidak terjadi error.

Berikut kode programnya :

// Input Keyboard.cpp : Defines the entry point for the console application.
//

#include "stdafx.h"
#include <iostream>

using namespace std;

int _tmain(int argc, _TCHAR* argv[])
{
int d_int = 0.0;

cout << "Masukkan angka = ";
cin >> d_int;
cout << "\nNilai yang dimasukkan adalah " << d_int << endl;
cout << "\nwww.bantubelajar.com" << endl;
return 0;
}

Lalu Klik Debug => Start Without Debugging atau Kombinasi keyboard Ctrl + F5 dan hasilnya akan seperti ini :

Format dan Perintah Input Pada C++