Bantu Belajar

Senin, 12 Januari 2015

Tips Membuat Atau Menulis Teks Pantun

Berbalas pantun dengan teman memang menyenangkan, tetapi mungkin bagi pemula seperti kita untuk m... thumbnail 1 summary
Tips Membuat Atau Menulis Teks Pantun
Berbalas pantun dengan teman memang menyenangkan, tetapi mungkin bagi pemula seperti kita untuk membuat pantun itu merupakan hal sulit dan harus berfikir panjang. Agar mudah membuat pantun kita terlebih dahulu menyusun empat baris kalimat yang terbagi dari sampiran dan isi, setelah itu cari isi dari sebuah pantun dan jika sudah maka dengan mudah kita dapat menentukan sampirannya.


Berikut tahapan - tahapan menulis pantun :

1. Menentukan Tema

Pikirkanlah pantun jenis apa yang akan kita buat, apakah pantun nasihat, pantun jenaka, pantun teka - teki, pantun cinta ataupun pantun lainnya. Setelah kita memikirkannya maka kita siap untuk menulis pantun.

2. Menuliskan Isi Pantun

Setelah kita memilih tema pantun yang akan kita gunakan adalah menuliskan sebuah isi dari pantun, tulislah apa isi pantun tersebut atau buatlah isi seperti kita ingin membuat pesan yang pasti memiliki makna yang sesuai dari tema yang kita ambil. Contoh :
"Aku cinta padamu cantik"
"Maukah kau menjadi kekasihku"
3. Menuliskan Sampiran

Selanjutnya setelah isi terbuat buatlah sampirannya, agar mudah dalam membuat sampiran pikirkanlah kata akhir dari isi pantun tersebut misal dari contoh diatas "cantik" dan "kekasihku" yang akhiran katanya "-tik" dan "-ku" maka carilah kata yang memiliki akhiran yang sama seperti "batik" dan "kaku" sehingga menjadi :
"Beli baju, baju batik"
"Baju batik rasanya kaku"
4. Menggabukan Sampiran dan Isi

Setelah pantun terbuat kita gabungkan sehingga menjadi :
"Beli baju, baju batik"
"Baju batik rasanya kaku"
"Aku cinta padamu cantik"
"Maukah kau menjadi kekasihku"
5. Mengevaluasi atau Menyunting Kembali

Setelah pantun terbuat, perbaiki kembali pantun yang ada agar menjadi lebih baik. Untuk memperbaikinya kita hanya perlu mengecek apakah sesuai dengan kaidah dalam pantun?, berikut kaidah - kaidah pantun :
  • Satu bait terdiri atas empat bait atau larik
  • Setiap baris terdiri atas 4 sampai 5 kata
  • Setiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata
  • Rima akhir berpola a-b-a-b