Bantu Belajar

Rabu, 27 Mei 2015

Program Perulangan pada C++

Perulangan ya berarti mengulang, dalam arti Perulangan yaitu mengulang eksekusi program tertentu. ... thumbnail 1 summary
Perulangan ya berarti mengulang, dalam arti Perulangan yaitu mengulang eksekusi program tertentu. Kebanyakan tujuan menggunakan program perulangan yaitu untuk mengefesiensikan penggunakan kode program.

Jika kita ingin mengulang eksekusi program tertentu dan terbiasa menulis program secara berulang - ulang maka hal tersebut tidak efisien, terutama dalam hal alokasi memory. Berikut macam - macam perulangan pada C++ :

1. Pernyataan Loop
Pernyataan Loop

Pernyataan loop digunakan untuk mengulang block statement dari suati pernyataan program. Fungsi loop pada umumnya dikombinasikan dengan fungs if untuk membatasi jumlah perulangan.

2. Perulangan For

Perulangan For ini memiliki 3 parameter yaitu nilai awal, nilai akhir dan kelipatan. Perulangan For biasa digunakan untuk mengulang suatu proses yang telah diketahui jumlah perulangannya.

Bentuk Perulangan For :
for( awal ; kondisi ; counter )
{
Statementl;
Statement2;
}
Statement3;
3. Perulangan While

Perulangan While ini memiliki ciri khusus, yaitu akan melakukan perulangan secara terus menerus selama kondisi masih true atau benar,

Bentuk Perulangan While :
while( expression )
{
Statementl;
Statement2;
}
Statement3;
4. Perulangan Do While

Perulangan Do While hampir sama dengan perulangan While, bedanya dengan perulangan While yaitu dalam Perulangan Do While akan dilakukan pengecekan kondisi setelah mengeksekusi statement.

Bentuk Perulangan Do While :
do
{
Statementl;
Statement2;
}
while( expression )
Statement3;