Bantu Belajar

Minggu, 23 Agustus 2015

Pointer Pada C++ Beserta Contoh Programnya

Pointer ( petunjuk ) yaitu variabel yang berisi alamat dari suatu variabel lain. Pointer ini diguna... thumbnail 1 summary
Pointer ( petunjuk ) yaitu variabel yang berisi alamat dari suatu variabel lain. Pointer ini digunakan dengan maksud untuk menunjukan ke suatu alamat memori sehingga kita dapat mengetahui dengan mudah alamat dari suatu variabel. Pointer juga bisa diartikan sebagai tipe data yang nilainya mengarah pada nilai yang terdapat pada alamat memori. 

Fungsi Pointer yang utama yaitu menyimpan alamat memori dari sebuah variabel. Pointer juga dapat berfungsi untuk menyimpan suatu alamat memori dari sebuah fungsi.

Contoh Program :

Perhatikan contoh Pointer di C++ berikut ini, program ini seperti biasa menggunakan program Microsoft Office Studio 2013, Untuk compiler lain seperti Code Block, Turbo C++ dll, kalian bisa mengganti int _tmain(int argc, _TCHAR* argv[]) menjadi int main() dan menghapus #include "stdafx.h" agar tidak terjadi error. :
// Pointer.cpp : Defines the entry point for the console application.
//

#include "stdafx.h"
#include <iostream>

using namespace std;

int _tmain(int argc, _TCHAR* argv[])
{
int panjang;
int *a;

panjang = 20;
a = &panjang;

cout << "Alamat memory panjang terletak di "<< a << endl;
cout << "Nilai panjang a adalah "<< *a << endl;
cout << "www.bantubelajar.com\n" << endl;
return 0;
}

Klik Debug => Start Without Debugging atau Kombinasi keyboard Ctrl + F5 dan hasilnya akan seperti ini :
Pointer Pada C++ Beserta Contoh Programnya

Angka 0096F7DC disini adalah alamat memory dari varabel a. Sedangkan jika a = &panjang maka nilai *a sudah pasti 20. Mudah bukan?

Macam - Macam Pointer :

1. Operator Dereference (&)

Operator Dereference (&) yaitu operator yang berfungsi mendeklarasikan suatu variabel didalam penggantian memori. operator ini biasa disebut dengan “address of”. Jika ingin mengetahui dimana variable akan disimpan, kita dapat memberikan tanda ampersand (&) didepan variable , yang berarti“address of”.

Dari contoh program diatas, nilai a menjadi angka 0096F7DC, dengan menambahkan "&" pada variabel panjang, inilah yang dimaksud operator dereference, yaitu mengubah suatu nilai variabel menjadi alamat memori.

2. Operator Reference (*)

Operator Reference ini berkebalikan dengan operator Dereference dimana nilai variabel menjadi alamat memory sedangkan operator reference mengubah alamat memory menjadi nilai variabel. 

Operator Reference (*) yaitu operator yang dapat mengakses secara langsung nilai yang terdapat didalam variabel yang berpointer, hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan identifier asterisk ( * ). Operator ini biasa disebut dengan“value pointed by”

Dari contoh program diatas, nilai *a menjadi angka 20, dengan menambahkan "*" pada variabel a, dimana alamat memory 0096F7DC kembali menjadi nilai variabel yaitu 20, inilah yang dimaksud operator reference, yaitu mengubah suatu alamat memori kembali menjadi nilai variabel.