Bantu Belajar

Jumat, 22 Juli 2016

Membuat Program Hello World di Visual Basic (VB)

VB atau Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasa digunakan membuat program b... thumbnail 1 summary
VB atau Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasa digunakan membuat program berbasis Window. Untuk mempelajarinya kita memerlukan software yang sudah disediakan microsoft yaitu Visual Studio yang banyak digunakan seorang programmer untuk membuat sebuah software, Visual Studio juga bahkan support dengan bahasa  C++, Javascript, C#, dan Java.

Untuk tutorial kali ini yang kita gunakan yaitu Visual Studio 2013, untuk mendownloadnya kalian bisa mendownload disini. Untuk yang Visual Studio 2015 kalian bisa mendownload di tempat lain.

Pastikan kalian sudah menginstall Visual Studio tersebut, lalu buka aplikasi Visual Studionya.

1. Pilih File > New Project, maka akan keluar sebuah box pilih Windows Form Application dan ganti nama projectnya menjadi Hello World lalu Ok.

Membuat Program Hello World di Visual Basic (VB)

2. Setelah itu klik toolbox yang disebelah pilih button ( bisa juga double klik ) :

Hello World

3. Maka hasil yang keluar akan seperti ini :

Hello World 1
Perhatikan kotak properties disebelah kanan bawah, disitu kita dapat mengedit button tersebut seperti nama, warna, tulisan dll.
Hello World 2


4. Lalu double klik Button1, isikan code dibawah ini diantara Private Sub dan End Sub sehingga menjadi seperti gambar dibawah :

MessageBox.Show("Hello World", "Judul Box")

Hello World 3

5. Lalu debug dengan menekan F5 atau tekan icon start diatas sehingga hasilnya seperti ini :

Hello World 4